Selasa, 28 April 2015

Proses Instalasi Linux Ubuntu


Oleh:
A. A. Risky Pramenda Dwijantara
1304505111
Integrasi dan Migrasi Sistem
Dosen  : I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T.
Jurusan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik
Universitas Udayana


Proses Instalasi Linux Ubuntu

            Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
A.        Proses Instalasi Linux Ubuntu
            Proses Instalasi Linux Ubuntu kali ini akan di install di dalam Oracle VM VirtualBox.
1.         Langkah pertama adalah membuka installer Linux Ubuntu, lalu tunggu hingga keluar menu seperti yang ada di Gambar 1.1. Pilihan Try Ubuntu adalah untuk mencoba Linux Ubuntu tanpa harus Install, sedangkan Install Ubuntu adalah untuk memasang permanen Linux Ubuntu. Pilih Install Ubuntu karena kita akan instal Ubuntu secara permanen dan Pilih Jenis Bahasa, pada kali ini akan menggunakan Bahasa Inggris (English).
           
Gambar 1.1 Tampilan Awal Proses Instalasi Linux Ubuntu

2.         Menu dibawah ini adalah proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua perangkat yang ada pada komputer atau laptop. Pada langkah ini juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa anda jalankan jika terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan anda klik Continue untuk melanjutkan.
           
Gambar 1.2 Tampilan Proses Persiapan Instalasi Linux Ubuntu

3.         Pada menu Installation Type pertama, anda akan disajikan dengan berbagai menu pilihan diantaranya, Erase Disk and Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru untuk Linux Ubuntu, langkah ini akan mempersingkat waktu. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika anda akan menginstall DUAL BOOT atau di Harddisk anda terdapat data penting, maka gunakan pilihan yang ini. Kali ini akan memilih Erase Disk anda Install Ubuntu, karena tidak ada data penting dalam hardisk yang digunakan. Setelah itu pilih Install now.
           
Gambar 1.3 Tampilan Proses Pemilihan Tipe Instalasi Linux Ubuntu

4.         Plih posisi tempat dimana anda tinggal atau berada dengan cara klik pada peta yang telah disediakan atau ketik langsung dalam kolom dan pilih lokasi yang tersedia. Kali ini akan menggunakan Jakarta Time, setelah itu klik Continue untuk melanjutkan.
           
Gambar 1.4 Tampilan Proses Pemilihan Lokasi

5.         Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.
Gambar 1.5 Tampilan Proses Pemilihan Jenis Keyboard

6.         Pada menu ini, isikan semua informasi, dari nama anda, nama komputer, username, dan password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.
Gambar 1.6 Tampilan Pengisian Informasi

7.         Tunggu, proses installasi hingga selesai…
Gambar 1.7 Tampilan Pengisian Informasi
8.         Jika proses installasi sudah selesai, maka akan meuncul peringatan bahwa proses installasi telah selesai dilakukan, Klik Restart Now untuk melihat hasil installasi yang dilakukan tadi. dan jangan lupa untuk melepas media installer tersebut ketika komputer dalam keadaan Restart.
Gambar 1.8 Tampilan Peringatan Instalasi Berhasil

9.         Pada menu Login, masukan password yang anda isikan pada langkah 6.
Gambar 1.9 Tampilan Peringatan Login Linux Ubuntu

10.       Proses Instalasi Berhasil, berikut adalah tampilan awal Linux Ubuntu yang berhasil di install.
Gambar 1.10 Tampilan Awal Linux Ubuntu


DAFTAR PUSTAKA

Agus Eka  Pratama, S.T.,M.T, I Putu.2014.”Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya.Bandung : Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar